Internasional

Saat Timnas Indonesia Dilarang Kasar ke Maradona di Piala Dunia U-20 1979

Timnas Indonesia U-20 1979. (Foto: Bola.com)
26 November 2020, 11:04

Sepak bola dunia berduka ketika mendapat kabar bahwa legenda sepak bola Diego Maradona meninggal dunia. Maradona diberitakan meninggal dunia pada Kamis dini hari WIB (26/11/2020).

Meninggalnya Diego Maradona pun menyisakan banyak kesedihan sekaligus cerita dari para insan sepak bola dunia, termasuk Indonesia. Sepak bola Indonesia pun mengenang saat Timnas Indonesia bermain kontra Timnas Argentina pada gelaran Piala Dunia U-20 tahun 1979 silam.

Saat itu, Timnas Argentina U-20 telah diperkuat oleh Diego Maradona yang namanya mulai melejit menjadi perhatian dunia meski masih berusia sangat muda. Mundari Karya, yang merupakan pemain Garuda Muda saat itu pun menceritakan bagaimana pertandingan yang berkesudahan dengan skor 5-0 untuk Argentina itu.

Ieu Rame Bob: MARADONA, SALAH SATU YANG TERBAIK YANG PERNAH ADA

Bahkan, sempat terjadi kekhawatiran dari pengawas pertandingan saat itu dimana mereka khawatir Maradona akan mendapat perlakuan kasar dari para pemain Timnas Indonesia.

"Waktu itu, pengawas pertandingan menyampaikan kepada kami lewat pelatih untuk tidak bermain kasar kepada Diego Maradona. Sebab dia menyebut Diego Maradona adalah aset dunia saat itu," kata Mundari Karya seperti dikutip Bobotoh.id dari laman Bola.com. 

"Maklum, Timnas Indonesia U-20 waktu itu tidak banyak diketahui oleh masyarakat dunia. Makanya mereka ketakutan Diego Maradona cedera karena kan disebut aset dunia itu. Dan memang terjadi, saat Diego Maradona dilanggar di sisi kiri, langsung kartu kuning dikeluarkan wasit. Padahal, kalau saya lihat, dia juga kuat," ucapnya. (Bobotoh.id/RF)